Tuesday, August 15, 2017

Contoh Proposal Usaha Makanan Ringan

Membuat proposal perjuangan memang sudah menjadi kebutuhan orang yang  ingin menerima derma dan dari investor untuk kelangsungan perjuangan yang dirintisnya. Oleh alasannya yaitu itu, membuat proposal perjuangan harus mampu dilakukan oleh tiap wirausahawan. Berikut ini yaitu contoh proposal perjuangan makanan ringan yang mampu menjadi teladan untuk membuat proposal ke investor.

Usaha makanan ringan memang sangat menjanjikan. Target pasar yang luas membuat perjuangan makanan ringan banyak dilirik oleh para wirausahawan. Modal yang dibutuhkan mampu dibilang tidak terlalu besar dan terjangkau. Kalaupun modal atau dana yang kita miliki kurang, kita mampu mengajukan proposal untuk mensukseskan rencana perjuangan kita tersebut.

Contoh proposal perjuangan makanan ringan

Berikut ini contoh proposal makanan ringan yang dibagi ke dalam beberapa poin yang mampu membantu kita dalam pembuatan proposal usaha.

1. BAB I
Pada Bab ini berisi latar belakang, tujuan dan juga manfaat. Pada latar belakang, kita mampu menuliskan hal apa yang melatar belakangi kita dalam membuat perjuangan makanan ringan yang akan kita rintis. Tuliskan secara seksama tapi jangan bertele-tele mengenai hal tersebut. Pada episode tujuaan, jelaskan secara singkat mengenai tujuan kita membuat perjuangan makanan ringan tersebut. Lalu pada episode manfaat, tuliskan manfaat yang akan diperoleh dari perjuangan makanan ringan tersebut. Manfaat bagi kita selaku wirausahawan, serta manfaat bagi para investor.

2. BAB II
Selanjutnya pada Bab II, kita mampu menuliskan deskripsi produk yang ingin kita jual, dalam hal ini yaitu makanan ringan tersebut. Kita mampu membagi deskripsi ke dalam beberapa poin, misalnya deskripsi produk, deskripsi daerah pengolahan, deskripsi materi baku pembuatan, deskripsi daerah pemasaran, dan lain sebagainya. Dengan deskripsi yang jelas, pembaca akan menerima isu yang diinginkan mengenai produk yang kita ajukan.

3. BAB III
Bab III merupakan episode paling penting dalam proposal karena fokus pada rinician dana. Pada episode ini kita mampu membagi ke dalam beberapa poin pengajuan dana. Misalnya, biaya pembelian materi baku, biaya pemasaran, biaya promosi, atau biaya tak terduga. Untuk menyempurnakan, sertakan pula analisis proyeksi pendapatan per bulan dan bila dibutuhkan, cantumkan pula profit yang akan didapat oleh para investor. Dengan begitu, investor atau pemberi pinjaman atau derma mampu mengkalkulasi semua hal yang berafiliasi dengan dana. Rinician dana harus terperinci dan detail. Jangan asal mencantumkan nominal, cek dulu harga di pasaran.

4. BAB IV
Bab IV berisi penutup yang isinya yaitu rangkuman dari semua isi proposal makanan ringan yang ingin kita ajukan. Dalam episode ini, susunan kalimat dan pemilihan kata harus diperhatikan untuk menunjukkan kesan yang baik kepada calon investor.

Itu tadi contoh proposal perjuangan makanan ringan yang dibuat secara sederhana yang mampu dijadikan teladan dalam membuat proposal perjuangan kepada calon investor atau pemeberi pinjaman modal. Dengan proposal yang baik, hasil yang mungkin akan didapatkan juga akan baik.

Contoh Proposal Usaha Makanan Ringan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

0 komentar:

Post a Comment